Internet merupakan sebuah jaringan komputer
yang terhubung secara global, memungkinkan penggunanya saling bertukar
informasi melalui berbagai saluran. Dengan demikian memungkinkan
penggunanya saling berbisnis. Seluruh entrepreneur terkaya dunia memanfaatkan pasar yang
disebut Internet tersebut. Ada sejumlah alasan mengapa
perusahaan-perusahaan mereka membidik pasar Internet. Pertama-tama, para
penonton televisi mulai berpindah ke Internet. Karena mereka pindah maka media
iklan harus mengikutinya, dengan asumsi bahwa tujuan pemasar mana pun adalah
untuk menjangkau target audiens-nya secara efektif dan efisien. Para pemasar
mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya
untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di depan
media online, seringkali dengan meninggalkan media yang lain.
Kedua,
untuk membidik pasar internet menggunakan iklan yang dapat di-update setiap
waktu dengan biaya minimal: karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa
tampil baru. Ketiga, pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam
jumlah yang sangat besar dalam hitungan global. Keempat, biaya untuk iklan
online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau
radio. Media beriklan yang disebutkan belakangan itu menjadi lebih mahal karena
ditentukan oleh ruang yang akan dipakai, berapa hari (waktunya) iklan tersebut
akan dimuat, serta pada berapa stasiun televisi dan koran lokal atau nasional
iklan tersebut akan dipasang. Kelima, iklan di internet dapat secara efisien
menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi. Keenam, Internet
sendiri sedang berkembang dengan pesatnya. Ketujuh, Anda dapat membuat iklan
secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan/atau
perorangan.
Riset
yang dilakukan pada musim gugur tahun 1996 menemukan bahwa tiga perempat dari
pemakai komputer pribadi (PC) akan meninggalkan televisi dan melewatkan
waktunya di depan komputer mereka. Perpindahan dari televisi yang jumlahnya
sebesar itu nampak sangat mengesankan. Sebagai tambahan atas fakta ini ialah
bahwa pemakai Internet merupakan orang-orang terdidik dan memiliki penghasilan
yang sangat tinggi, sehingga manjadi logis kalau disimpulkan bahwa penjelajah
Internet merupakan target yang sudah diimpikan oleh para pemasar.
Mulai
tahun 1998, karakteristik ini telah meyakinkan perusahaan besar yang
memproduksi segala kebutuhan konsumen untuk mulai menggeser anggaran
periklanannya dari media tradisional ke iklan Internet. Yang dilakukan Toyota
merupakan contoh nyata dari begitu ampuhnya Internet. Saatchi and Saatchi,
sebuah agen periklanan ternama, mengembangkan situs Web untuk Toyota (www.toyota.com) dan
menempatkan iklan banner yang sangat menarik di situs-situs populer, seperti www.espn.com . Dalam waktu satu tahun, situs
tersebut mampu menyamai penjualan yang dilakukan 800 sumber penjualan Toyota
lainnya.
Referensi :
0 comments:
Post a Comment